Minggu, 14 November 2010

Budaya papua dan kelebihannya

Terutama untuk sobat-sobat kitorang Yang dari Papua harus ingat Tanah kelahiran kita yang tercinta Papua yang masih kaya dengan Alam dan Budaya nya , Bagi saya sendiri saya sangat bersyukur saya lahir di kota yang paling timur itu, kenapa ? karena  bagiku di kota ku itu biar tidak ada uang sampai keadaan kritis sekalipun kami sekeluarga bisa makan, minum dan melakukan aktifitas sehari-hari tanpa halangan apapun . pertanyaan kedua kenapa itu bisa terjadi ?. menurut yang pernah saya lihat dan saya alami Papua mempunyai beberapa hukumyang paling utama dan yang paling sering mereka melakukannya tapi mereka tidak pernah menyadarinya. kenapa tadi saya hanya bilang beberapa..? yang pertama kalian Harus tauh kalau suku-suku di Papua itu jumlah ada 200 san lebih, berhubung saya juga masih sekolah hanya ini yang bisa saya simpulkan dari beberapa informasi yang saya dapat dari beberapa buku dan juga penduduk asli Papua tentunya. berhubung saya ini asli asal Papua saya, inilah beberapa hasil prediksi saya.

1.Tradisi papua mengutamakan Tuhan terlabihi dahulu .
     Kenapa saya katakan demikian? kita tauh sendiri komunitas kristen terbesar di indonesia adalah papua sendiri, dan dalam beberapa budaya yang biasa dan sering dilakukan seperti , bayar denda, masalah keluarga,masalah suku atau masalah Ras antar sodara - sodara papua yang dari pantai dan yang dari gunung pasti ujung-ujungnya penyelesaian tersebut kalu tidak berakhir di kepala suku atau kepala desa pasti berakhirnya di Gereja atau tempat-tempat lain yang mereka anggap enak bicara dengan Tuhan.

2.KASIH     Kenapa saya bilang kasih kasih.? menurut prediksi saya kalau masyarakat papua tidak punya kasih mungkin sekarang masyarakat papua yang asli tidak lagi berjualan dipasar, tapi tapi  kenapa. kenapa?. kalau kamu masih pertannyakan itu !? itu karena masyarakat papua punya kasih makanya hingga saat ini sebagian besar masyarakat Papua masih berjualan di tanah mereka sendiri dari yang berjualan di kelas atas atau kalangan bawahan.

3.Uang 
   Kenapa? menu rut yang saya lihat dan ketahui secara umum sebagian besar masyarakat Papua kalu sudah pegang uang mereka sangat susah mengendalika diri mereke khususnya di cara pergunakan uang di tangan mereka. tidak tahu bagaimana kalau sampai sudah ada di tangan mereka mereka jadi lupah semua yang di rencanaka sebelimnya, akhirnya begitu selesai diboros itu uang baru teringat kembali apa yang mereka rencanakan sebelumnya itu sangat sering ter jadi dikalangan Dewasa maupu di kalangan pemuda dan anak di Papua. untuk sementara sekian dulu,,, nanti saya sambung lagi ya..>>?

Tidak ada komentar: